Lanjutan Istilah Kunci Bagian 2:
DIVERSITY (KEBERAGAMAN)
Perbedaan personal di antara anggota tenaga kerja yang memperkaya lingkungan kerja dan merepresentasikan komunitas yang direkrut dan pelanggan. Perbedaan ini menunjukkan berbagai variabel termasuk ras, agama, warna kulit, jender, bangsa, disabilitas, orientasi seks, umur dan generasi, edukasi, asal daerah, dan karakteristik ketrampilan, seperti halnya juga perbedaan dalam gagasan, pemikiran, disiplin akademis, dan perspektif.
Kriteria Baldrige mengacu kepada menghargai dan memanfaatkan keberagaman tenaga kerja yang direkrut dan komunitas pelanggan. Kapitalisasi keduanya dalam membangun tenaga kerja, meningkatkan peluang untuk kinerja tinggi; kepuasan pelanggan, tenaga kerja, dan komunitas; serta engagement pelanggan dan tenaga kerja.
INNOVATION (INOVASI)
Membuat perubahan yang penuh makna untuk memperbaiki produk, proses, atau efektivitas organisasional serta untuk menciptakan nilai baru bagi pemangku kepentingan. Inovasi meliputi adopsi atas suatu gagasan, proses, teknologi, atau produk baik yang baru atau baru dalam hal pengaplikasiannya. Hasil inovasi adalah suatu perubahan yang discontinuous atau terobosan dalam hasil, produk, atau proses. Inovasi mendapat manfaat dari lingkungan yang mendukung, proses untuk mengidentifikasikan peluang strategis, dan keinginan untuk mencari intelligent risk.
INTELLIGENT RISKS
Peluang dimana potensi perolehan manfaatnya melebihi potensi mudarat atau kerugiannya bagi keberlanjutan organisasi bila kita tidak mengeksplorasinya. Mengambil intelligent risks memerlukan toleransi atas kegagalan dan ekspektasi bahwa inovasi tidak tercapai dengan hanya menginisiasi upaya keberhasilan. Di luar itu, organisasi harus menginvestasikan potensi sukses sambil menyadari bahwa ada kemungkinan untuk gagal.
Ilustrasi Intelegent Risk seperti terdapat dalam tulisan “
Are You Lighting Fires or Getting Burned?”, risiko diumpamakan sebagai “nyala api” seandainya Anda takut kebakaran karenanya (menghindari api), maka sesungguhnya yang terjadi adalah Anda akan tinggal dirumah dengan mandi air dingin, makan dengan makanan yang dingin, bahkan bisa jadi nyawa Anda terancam ketika datang musim dingin. Namun bila kita dapat memanfaatkan resiko tersebut “nyala api” maka yang terajadi adalah sebaliknya, dengan catatan resiko tersebut harus benar benar dikelola dengan baik.
RETENSI PELANGGAN
Suatu aktivitas yang diarahkan untuk
mampu menjaga interaksi yang terus berkelanjutan dengan pelanggan melalui
hubungan berkelanjutan, loyalitas pemasaran, database pemasaran, permission
marketing, dan kemajuan-kemajuan.
WORK PROCESS (PROSES KERJA)
Proses-proses penciptaan nilai internal Anda yang paling penting. Bisa termasuk proses: desain dan penyerahan produk, dukungan kepada pelanggan, manajemen rantai pasokan, bisnis, dan pendukung. Proses tersebut yang melibatkan mayoritas tenaga kerja organisasi.
Proses kerja kunci Anda seringkali berkaitan dengan kompetensi inti, faktor yang menentukan sukses Anda dibandingkan kompetitor, dan dengan faktor-faktor yang menurut pertimbangan pemimpin senior Anda - penting bagi pertumbuhan bisnis. Proses kerja kunci selalu dilaksanakan oleh tenaga kerja.
WORK SYSTEMS (SISTEM KERJA)
Bagaimana pekerjaan organisasi Anda dilaksanakan. Sistem kerja melibatkan tenaga kerja, pemasok dan mitra kunci, kontraktor, kolaborator Anda, dan komponen rantai pasokan lainnya yang dibutuhkan untuk memproduksi dan me-deliver produk, layanan, serta proses bisnis dan pendukung. Sistem kerja terdiri dari proses kerja internal dan sumber daya eksternal yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan memproduksi, me-deliver- nya kepada pelanggan, dan agar sukses di pasar.
Sebenarnya masih banyak daftar definisi yang dapat ditulis, namun untuk kali ini penulis hanya mencantumkan daftar istilah yang sering kali ditanyakan oleh beberapa rekan dalam penyusunan dokumen.
(Sekali lagi…… Spesial Thanks untuk
Lembayung Center dan Suhu Baldrige yang bersemayam didalamnya)
Belum ada tanggapan untuk "Istilah Kunci Yang Sering Dipertanyakan dalam Malcolm Baldrige (Bagian 2)"
Post a Comment